puspabali

Catatan perjalananku tentang pembelajaran dan penyemangat hidup

3.9.07

Hari ini Ultah si 'Kembar'

Hari ini, Selasa 4 September 2007
Anakku si 'kembar' berulang tahun ke 9
Yahhhh.......... sudah genap 9 tahun usia mereka
Tiada terasa waktu berjalan....

"Selamat Ulang tahun Tugus Dharma dan Gek Shanti sayang....."
Ayah, Ibu dan Kakak Rini, selalu berdoa......
Semoga Tuhan selalu melindungi dan membimbing kalian
Agar kalian menjadi anak yang berbakti pada orang tua
Dan kalian akan menjadi orang yang selalu mendapat kesempatan
berbuat baik untuk banyak orang......

Saat aku menulis ini
teringat saat si 'kembar' masih dalam rahim
ketika usia kandungan 2 bulan (kehamilan kedua)
dokter minta USG karena 'curiga' dg diameter kehamilanku
yang 'terlalu besar' untuk ukuran kehamilan 2 bulan
dan ternyata.........
ada dua denyut dalam rahimku
wow!!!
Terheran-heran aku melihat di layar
ya.... ada 2 jabang bayi di rahimku!
Bahagia dan kebingungan yang ada di benak aku dan suami
Aku hanya bisa berdoa dan memohon kepada Tuhan
agar kedua bayiku sehat lahir bathin....
mengingat aku menjalani masa kehamilan
sambil tetap bekerja di kantor

Ketika 4 September 1998
Lahir si 'kembar'.....................
dan surprise..... 'kembar' laki-laki dan perempuan!
Terimakasih Tuhan, Engkau memberi kami anak-anak yang sehat
mereka lahir Cesar dengan berat 3kg dan 2,8kg
Dan........
dimulailah hari-hari 'yang berat'
karena aku harus meninggalkan mereka bekerja kembali
saat mereka berusia 2,5 bulan........
dan saat usia 5 bulan Gek Shanti opname
karena virus yang menyebabkan diare terus menerus....
Namun karena penanganan cepat, akhirnya sembuh
walau harus dalam perawatan selama 3 bulan
untuk memulihkan ususnya.......

Saat usia 8 bulan.... Tugus Dharma masih harus dilatih
untuk mau mengunyah bubur.........
ya.... mengunyah...... mengunyah makanan yang agak 'kasar'
Karena sejak makan bubur lebih sering 'didorong' dengan air
sehingga jadi malas mengunyah....
dan berakibat dia tidak bisa mengunyah dengan baik
sampai-sampai, aku mengambil cuti 2 hari untuk melatihnya
sebab aku melihat pengasuhnya tidak telaten
sementara kami tidak tinggal bersama orang tua kami
jadi........ aku sebagai Ibu harus bertanggung jawab dalam hal ini
aku tidak mau menyesal belakang hari
bila ternyata pertumbuhan gigi anakku jadi rusak....
akibat 'kemalasannya' untuk mengunyah

Ketika usia 2 tahun.....
baru kusadari, ternyata Tugus Dharma
menunjukkan tanda-tanda kurang 'bisa fokus'
sehingga belum bisa mengucapkan sepatah kata dengan benar
dan bila kita mengajarkan sesuatu......
sangat kurang responnya.......
Ahhhhh..........
sekali lagi aku menyadari 'kekuranganku'
ya... kurang memperhatikan pertumbuhan mereka
karena aku Ibu yang bekerja di Kantor
dengan anak pertama yang berumur 5 th sudah sekolah TK
dan si 'kembar yang berusia 2 th........
sehingga karena lelah bekerja seharian
aku kurang bisa membagi perhatian dengan baik

Sampai akhirnya, aku mendapat saran dokter anak
agar segera membawa Tugus Dharma therapy bicara
Karena melalui therapy ini Tugus diajarkan 'untuk fokus'
melalui berlatih bicara.... berlatih gerak motorik.....
sampai usianya 5 tahun.........

Saat usia 2th ini si 'kembar' mulai saya titipkan
di sebuah penitipan anak-anak sebagai pengganti play grup
Jadi kami antar mereka jam 7 pagi
dan kami jemput jam 5 sore
karena di penitipan ini, si kembar menjadi 'aktif'
dan sangat pandai bersosialisasi.....
(ini juga saran therapist agar Tugus dharma lebih sering
bisa bercakap-cakap dan berinteraksi dengan banyak orang)
karena setiap hari dia bermain, belajar dan berinteraksi
dan akhirnya ketika usia 5th sekolah TK
Tugus Dharma sudah bisa mengikuti semua kegiatan dengan baik
Terimakasih Tuhan........ selalu Kau beri aku petunjuk
dalam aku menjalankan tugas mengemban 'Amanah-Mu' ini.....

Kini si 'kembar' sudah 9 tahun........ kelas III SD
waktu berjalan tanpa terasa....
si 'kembar' sudah mulai belajar menyanyi 'lagu wajib' dari sekolah
sudah mulai mendapat tugas bercerita di depan kelas
sudah mulai belajar tentang 'pertumbuhan' tanaman
sudah mulai belajar berkelompok.....
Yahhhh........
Kini sudah makin banyak yang diketahui dan dipelajari si Kembar
Semoga mereka terus bertumbuh, sehat lahir bathin
selalu dalam lindungan dan bimbingan Tuhan,
menjadi anak-anak yang berbakti pada orang tua
dan menjadi orang yang memberi manfaat yang baik
bagi banyak orang...........

salam sayang selalu untuk si 'kembar'
Selasa, 4 September 2007

Label:

1 Komentar:

Pada 6 September 2007 pukul 19.34 , Blogger bundanya i-an mengatakan...

selamat ulang taon yah..(maaf telad)..
semoga jadi anak yang pintar dan berbakti sama kedua orang tua...amien..
waduh senengnya punya anak kembar laki-perempuan...

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda